ILMU YANG BERMANFAAT ADALAH SALAH SATU AMAL JARIAH KITA

Senin, 31 Desember 2012

Persiapan dan Kesempatan


Di dalam hidup dan kehidupan, yang pertama dan utama sekali buatlah persiapan-persiapan dan persiapan sebelum datang KESEMPATAN. Bila datang kesempatan dan ternyata belum ada persiapan akan membut diri kecewa dan penyesalan yang tak habis-habisnya, karena kesempatan tidak akan pernah datang untuk ke dua kalinya.

1. 1. Persiapan Diri (Qs Ar-Ra’d: 11)

إِنَّ اللّهَ لاَ يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُواْ مَا بِأَنْفُسِهِمْ وَإِذَا أَرَادَ اللّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلاَ مَرَدَّ لَهُ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِ مِن وَال… “…sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yangdapat menolaknya dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.”

Ucapan Allah yang suci ini, menjelaskan bahwa Ia telah berlakukan hukum sebab-akibat, yang bergantung dari setiap hamba secara individual untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi dirinya, untuk orang lain dan alam sekitarnya.


2. 2. Allah telah Persiapkan Amanah berbagai sarana dan prasarana yang sangat memadai, apabila dimanfaatkan sebenar-benarnya akan terlaksana sebagaimana yang diharapkan. Dalam berusaha, belajar dan berdo’a haruslah orientasinya mengutamakan akhirat.

(Qs .ali Imran: 159) فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّهِ إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ …

“…dan kemudian apabila telah membulatkan tekad bertawakallah kepada Allah, karena Allah sesungguhnya menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya”


Kegigihan dan semangat yang tinggi di iringi tekad penuh tawakal sepenuh hati adalah kunci beribadah dan berakidah kepada Allah SWT, dengan harapan menempuh proses perkembangan jalan hidup “Berjalan dan Berakhir dengan kemuliaan”.


3. 3. Allah Mengingatkan (Qs.At-Tharim: 6)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Hai orang-orang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api Neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat yang kasar lagi keras”.


Ayat di atas tiada lain Allah mengingatkan agar umat manusia hanya berusaha, bermohon, berharap dan berdo’a untuk mendapatkan petunjuk dan hidayah dari Allah SWT, karena dengan petunjuk dan hidayah-Nya lah segala dapat berjalan dan terlaksana sebagai mana yang diharapkan.

Siapkanlah persiapan sebelum datang kesepatan. Tidak ada yang tahu akan masa depan, bagaimana dan apa yang akan aku lakukan. Tapi ingat !!! aku yang sekarang mengambarkan aku yang akan mendatang, apa yang aku lakukan sekarang tidak jauh dari apa yang aku lakukan di masa yang akan datang. Siapkanlah persiapan-persiapan agar menjadi Insan yang bermanfaat dan bermartabat yang selamat di Dunia maupun di akhirat. AMIN…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar